INDUSTRI MEBEL UKIR

Mebel Ukir adalah suatu perabot yang diperlukan, yang sangat berguna, atau disukai, seperti barang atau

Mebel Ukir adalah suatu perabot yang diperlukan, yang sangat berguna, atau disukai, seperti barang atau benda yang dapat dipindah-pindah, digunakan untuk melengkapi rumah, kantor, dan sebagainya. karna mebel juga bisa saja dikatakan sebagai perlengkapan rumah atau mebel juga berarti furnitur.

Perabotan harus praktis dan ramah pengguna dan harus terbuat dari bahan berkualitas. Pastikan bahwa perabot kantor rumah yang Anda rencanakan akan mengakomodasi kebutuhan pekerjaan Anda. Anda harus mengetahui persyaratan orang-orang yang akan bekerja bersama Anda di kantor yang ingin Anda lengkapi. Anda harus memiliki gambaran kasar tentang ruang laci dan ruang rak. Ini akan membantu dalam pengaturan total dan penyempurnaan. Pastikan furnitur yang Anda pilih akan berfungsi dengan baik di kantor Anda.

Mebel kayu berukir adalah karya seni rupa tiga dimensi pada umumnya menggunakan material kayu yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi perabot untuk menunjang kegiatan manusia.Meskipun karya seni berupa mebel sudah lama berkembang, tetapi di Jawa Tengah khususnya hanya pada daerah-daerah tertentu yang dapat berkembang dengan pesat seperti di Jepara, Serenan Sukoharjo dan akhir-akhir ini di daerah Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen juga berkembang pembuatan karya-karya mebel kayu.Peluang inilah yang ditangkap oleh penulis untuk mencermati hasil karya para pengusaha atau seniman dalam mengembangkan diri menjawab dinamika tuntutan konsumen.Surakarta sebagai salah satu kota kebudayaan Jawa dengan peninggalan kerajaan dimasa lalu yang juga sebagai daerah penjualan varian produk mebel kayu berukir di Jawa Tengah bagian selatan.

Dengan bentuk-bentuk desain yang telah dihasilkan dapat dicermati adanya peningkatan kualitas dalam berbagai aspeknya, baik bentuk, pengerjaan, ornamentasi, finishing dan sebagainya. Mebel kayu berukir sebagai perwujudan pendukung elemen estetis interior juga eksterior sekaligus sebagai penguatan identitas budaya bernuansa lokal. Penelitian ini didesain sebagai penelitian yang mengutamakan studi pustaka dengan didukung pengamatan perkembangan terakhir bentuk-bentuk mebel kayu berukir yaitu kursi tamu ukir yang di jual di Surakarta. Luaran dari penelitian ini adalah dapat diketahui dinamika mebel kayu berukir yang bernuansa lokal terinspirasi dinamika perkembangan mebel kayu umumnya . Hasil penelitian juga merupakan bahan untuk materi penulisan jurnal ilmiah . Dengan hasil luaran penelitian ini, diharapkan dapat menjadi landasan pemahaman produk mebel kayu berukir sebagai salah satu usaha penguatan identitas budaya bernuansa lokal.

Home